Riset Pasar – (Market Research)

Apa itu Riset Pasar?

Riset pasar adalah proses menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan pelanggan potensial. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk menemukan pasar sasaran dan mendapatkan pendapat dan umpan balik lainnya dari konsumen tentang minat mereka pada produk atau layanan.

Jenis penelitian ini dapat dilakukan secara internal, oleh perusahaan itu sendiri, atau oleh perusahaan pihak ketiga yang berspesialisasi dalam riset pasar. Hal ini dapat dilakukan melalui survei, pengujian produk, dan kelompok fokus. Subjek uji biasanya diberi kompensasi dengan sampel produk atau membayar sedikit uang untuk waktu mereka. Riset pasar adalah komponen penting dalam penelitian dan pengembangan (R&D) produk atau layanan baru.

Perusahaan menggunakan riset pasar untuk menguji kelayakan produk atau layanan baru dengan berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensial.

Dengan riset pasar, perusahaan dapat mengetahui target pasar mereka dan mendapatkan pendapat dan umpan balik dari konsumen secara real-time.

Jenis penelitian ini dapat dilakukan di dalam perusahaan, oleh perusahaan itu sendiri, atau oleh perusahaan luar yang mengkhususkan diri dalam penelitian pasar.

Penelitian meliputi survei, pengujian produk, dan kelompok fokus.

Riset pasar adalah kombinasi dari informasi primer—informasi yang dikumpulkan secara langsung—atau informasi sekunder, yaitu informasi yang telah dikumpulkan oleh entitas luar.

KEY TAKEAWAYS

Memahami Riset Pasar

Tujuan dari riset pasar adalah untuk melihat pasar yang terkait dengan barang atau jasa tertentu untuk memastikan bagaimana audiens akan menerimanya. Ini dapat mencakup pengumpulan informasi untuk tujuan segmentasi pasar dan diferensiasi produk, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan upaya periklanan atau menentukan fitur mana yang dipandang sebagai prioritas bagi konsumen.

Riset pasar adalah alat penting dalam membantu perusahaan memahami apa yang diinginkan konsumen, mengembangkan produk yang akan digunakan konsumen tersebut, dan mempertahankan keunggulan kompetitif atas perusahaan lain dalam industri mereka.

Sebuah bisnis harus terlibat dalam berbagai tugas untuk menyelesaikan proses riset pasar. Perlu mengumpulkan informasi berdasarkan sektor pasar yang diperiksa. Bisnis perlu menganalisis dan menafsirkan data yang dihasilkan untuk menentukan keberadaan pola atau titik data relevan yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Bagaimana Riset Pasar Mengumpulkan Informasi

Riset pasar terdiri dari kombinasi informasi primer, atau apa yang telah dikumpulkan oleh perusahaan atau oleh orang yang dipekerjakan oleh perusahaan, dan informasi sekunder, atau apa yang telah dikumpulkan oleh sumber luar.

Primary Information

Informasi primer adalah data yang dikumpulkan perusahaan secara langsung atau yang telah dikumpulkan oleh seseorang atau bisnis yang disewa untuk melakukan penelitian. Jenis informasi ini umumnya jatuh ke dalam dua kategori: eksplorasi dan penelitian khusus.

Penelitian eksplorasi adalah opsi dan fungsi yang kurang terstruktur melalui pertanyaan yang lebih terbuka, dan ini menghasilkan pertanyaan atau masalah yang disajikan yang mungkin perlu ditangani oleh perusahaan. Penelitian khusus menemukan jawaban atas masalah yang diidentifikasi sebelumnya yang sering menjadi perhatian melalui penelitian eksplorasi.

Secondary Information

Informasi sekunder adalah data yang telah dikumpulkan oleh entitas luar. Ini dapat mencakup informasi populasi dari data sensus pemerintah, laporan penelitian asosiasi perdagangan, atau penelitian yang disajikan dari bisnis lain yang beroperasi dalam sektor pasar yang sama.

Contoh Riset Pasar

Banyak perusahaan menggunakan riset pasar untuk menguji produk baru atau untuk mendapatkan informasi dari konsumen tentang jenis produk atau layanan apa yang mereka butuhkan dan tidak mereka miliki saat ini.

Misalnya, sebuah perusahaan yang sedang mempertimbangkan untuk masuk ke bisnis mungkin melakukan riset pasar untuk menguji kelayakan produk atau layanannya. Jika riset pasar menegaskan minat konsumen, bisnis dapat melanjutkan dengan percaya diri dengan rencana bisnis. Jika tidak, sebaiknya perusahaan menggunakan hasil riset pasar untuk melakukan penyesuaian produk agar sesuai dengan keinginan pelanggan.

Pengembangan Riset Pasar

Riset pasar formal dimulai di Jerman selama tahun 1920-an

Sekitar waktu yang sama, riset pasar di Amerika Serikat berkembang pesat selama booming periklanan Zaman Keemasan Radio. Perusahaan yang beriklan di radio mulai memahami demografi yang diungkapkan oleh bagaimana acara radio yang berbeda disponsori.

Face-to-Face Interviews

Dari sana, perusahaan dikembangkan yang akan mewawancarai orang-orang di jalan tentang publikasi yang mereka baca dan apakah mereka mengenali salah satu iklan atau merek dalam iklan yang diterbitkan di majalah atau surat kabar yang diperlihatkan pewawancara kepada mereka. Data yang dikumpulkan dari wawancara ini dibandingkan dengan sirkulasi publikasi untuk melihat seberapa efektif iklan tersebut. Riset pasar dan survei diadaptasi dari teknik awal ini.

Untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang pasar Anda, Anda harus memahami permintaan, ukuran pasar, indikator ekonomi, lokasi, kejenuhan pasar, dan harga.

Phone Research

Pengumpulan data kemudian dialihkan ke telepon, membuat kontak tatap muka tidak diperlukan. Operator telepon dapat mengumpulkan informasi atau mengatur kelompok fokus—dan melakukannya dengan cepat dan dengan cara yang lebih teratur dan teratur. Metode ini sangat meningkatkan model riset pasar.

Online Market Research

Dengan orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu online, banyak kegiatan riset pasar telah bergeser secara online juga. Meskipun platform mungkin telah berubah, pengumpulan data sebagian besar masih dilakukan dalam bentuk survei. Tetapi alih-alih perusahaan secara aktif mencari peserta dengan menemukan mereka di jalan atau dengan menelepon mereka melalui telepon, orang dapat memilih untuk mendaftar dan mengikuti survei dan menawarkan pendapat ketika mereka punya waktu. Ini membuat prosesnya jauh lebih tidak mengganggu dan tidak terburu-buru karena orang dapat melakukannya pada waktu mereka sendiri dan atas kemauan mereka sendiri.

Apa Jenis Utama Riset Pasar?

Jenis utama riset pasar adalah riset primer, yang mencakup kelompok fokus, jajak pendapat, dan survei, riset pasar sekunder, yang mencakup artikel, infografis, dan kertas putih, riset kualitatif, yang memberikan wawasan tentang bagaimana perasaan dan pemikiran pelanggan, dan riset kuantitatif , yang menggunakan data dan statistik, seperti tampilan situs web, keterlibatan media sosial, dan pelanggan.

Apa itu Riset Pasar Online?

Riset pasar online adalah riset pasar yang dilakukan melalui Internet. Riset pasar online dapat berupa kualitatif atau kuantitatif dan mengikuti format yang sama seperti metode riset pasar primer dan sekunder.

Apa Itu Survei Riset Pasar Berbayar?

Riset pasar berbayar melibatkan sekelompok individu yang dibayar untuk mengambil bagian dalam studi riset. Ini dapat melibatkan mengisi survei, mengambil bagian dalam studi kelompok, panel penelitian, dan banyak lagi. Individu biasanya dipilih sebelumnya dan diberi imbalan uang atas waktu dan usaha mereka.

Apa itu Studi Pasar?

Sebuah studi pasar adalah analisis proaktif permintaan pasar untuk produk atau layanan. Sebuah studi pasar melihat semua faktor yang terlibat di pasar yang mempengaruhi permintaan untuk produk atau jasa tersebut. Ini termasuk harga, lokasi, persaingan, substitusi, dan kegiatan ekonomi umum.

Informasi Penting – Bottom Line

Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk memahami permintaan dan kelayakan produk mereka dan untuk melihat bagaimana kinerjanya di dunia nyata. Riset pasar dilakukan baik melalui informasi primer atau informasi sekunder, keduanya memberikan wawasan unik tentang penawaran perusahaan. Riset pasar adalah komponen kunci dari tahap penelitian dan pengembangan (R&D) perusahaan dan merupakan aspek kunci dari kesuksesan dan pertumbuhannya.

From Investopedia

Share ke teman-temanmu ya...
WhatsApp chat