Seminar/Conference Description :
Penilai kinerja kerja adalah tindakan untuk melakukan observasi dan evaluasi suatu perilaku kerja karyawan dengan tujuan untuk mengukur kinerja nyata dibandingkan dengan kinerja yang diharapkan, analisis semacam ini sangat membantu didalam memutuskan upah pekerja, gaji karyawan, promosi jabatan, penurunan jabatan, rotasi antar departeman, atau pemberhentian, dan counseling, training, atau pilihan pengembangan karir.
Banyak manfaat yang dihasilkan dari suatu sitem penilaian kjinerja yang efektif diantaranya, organisasi dapat mengendalikan kinerja batas (marginal performance), menekan kerugian karena kinerja batas yang tidak efektif, dan mengefisiensikan penggunaan personil.
Who Should Attend :
- Manajer HRD Department
- Manajer setiap lini
- Supervisor setiap lini
Tujuan Pelatihan
- Meningkatkan kemampuan dan memberikan pemahaman konsep serta teknik melakukan penilaian unjuk kerja bagi para Manajer, sehingga mampu menghasilkan penilaian terhadap unjuk kerja karyawan di perusahaan secara objektif dan memiliki nilai informasi yang akurat mengenai kinerja organisasi.
Metode
- Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lectur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.
Outline :
- Pendahuluan
- Konsep tentang Performance Appraisal.
- Praktek Performance Appraisal dibanyak perusahaan.
- Kesalahan Umum Performance Appraisal & cara memperbaikinya.
- PenggunanPerformance Appraisal yang baik & benar.
- Konsep Key Performance Indicators& Self Improvement Control.
- Jenis-jenis KPI : Process-based KPI dan Result-based KPIuntuk penentuan item penilaian.
- Metode untuk Mengidentifikasi KPI secara Tepat untuk Setiap Posisi/Jabatan
- Merumuskan Definisi Setiap KPI dan Formula untuk memperoleh/Menghitung Data
- Pencapaian KPI
- Metode untuk Memonitor dan Mengendalikan Pencapaian KPI Performance