Problem Solving & Decision Making
PENDAHULUAN
Setiap pekerjaan selalu menuntut Pejabat yang bersangkutan untuk berhubungan dengan berbagai pihak baik internal dan eksternal. Semakin kompleks jenis kerja, semakin tinggi dinamika permasalahan. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan menstrukturkan masalah, menentukan esensi permasalahan. memilah mana yang harus di selesaikan dengan cara seperti apa, memahami dampak dari pasca implementasi solusi, dan yang paling penting, menyampaikan dan berkoordinasi dengan pihak terkait, baik internal maupun eksternal (customer) dengan cara yang elegan dan minim konflik.
Oleh sebab itu, selain penguasaan metode strukturisasi pemecahan pengambilan keputusan juga diperlukan kemampuan komunikasi, negosiasi, kecepatan dan ketepatan dalam menentukan dan membuat keputusan. Beragam latihan dan roleplay diperlukan agar memberikan hasil pembelajaran yang maksimal.
Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat lebih percaya diri dalam menghandle technical problem, PEOPLE PROBLEM, service problem, handling costumer complaint, melakukan negosiasi dan membuat keputusan dengan cepat, tepat dan akurat.
WAKTU PELAKSANAAN
Hari : Kamis – Jumat
Tanggal : 9 – 10 Januari 2020
Tempat : Hotel Harris Tebet, Jakarta
Hari : Kamis – Jumat
Tanggal : 16 – 17 Januari 2020
Tempat : Hotel Harris Tebet, Jakarta
Hari : Kamis – Jumat
Tanggal : 23 – 24 Januari 2020
Tempat : Hotel Harris Tebet, Jakarta
Outline :
Pokok Bahasan :
- PRINSIP PROBLEM-SOLVING & DECISION MAKING (PROSDEM)
- Membahas konsep, tujuan, manfaat, urgensi & penerapan Problem Solving & Decision Making (ProsDem).
- Membahas pendekatan SAPA DAPPA untuk ProsDem: Analisa Situasi, Analisa Masalah, Analisa Keputusan, dan Analisa Potensi Masalah Pasca Implementasi.
- Memahami keterkaitan & sistematika strategi, rencana kerja organisasi serta implikasinya terhadap ProsDem.
- Membahas konteks ProsDem dalam kehidupan sehari-hari & aktivitas operasional lapangan.
- Pentingnya pemikiran yang sistematis dan terstruktur untuk PROSDEM.
- Sharing & Studi Kasus.
- Tahapan dalam mencari, mengumpulkan, menyusun dan menganalisa data dan fakta.
- Latihan pengenalan konsep dan tools SAPA DAPPA.
- METODE ANALISA MASALAH, ANALISA KEPUTUSAN DAN POTENSI MASALAH PASCA IMPLEMENTASINYA
- Situation Analysis: Penilaian situasi dan identifikasi (analisa) permasalahan dalam proses pemecahan masalah pada aktifitas pekerjaan: memahami definisi masalah, penilaian derajat kegawatan dan tehnik klarifikasi masalah, memilih mana yang relevan mana yang bukan, memecah masalah kompleks menjadi masalah ringan, bagaimana memiliki tingkat kontrol yang memadai (update & wholistic) atas situasi masalah.
- Problem Analysis : Bagaimana dengan akurat mengidentifikasi, mendeskripsikan, menganalisa dan memecahkan SITUASI DIMANA ADA MASALAH NAMUN TIDAK JELAS PENJELASANNYA, menggunakan metode Fishbone (root cause effect).
- Decision Analysis: bagaimana menganalisa 3 komponen utama pengambilan keputusan yaitu Analisa alasan dan tujuan dibalik pemilihan alternatif keputusan. Analisa pilihan alternatif yang tersedia. Analis resiko relatif dari setiap alternatif yang ada.
- Potential Problem Analysis: Bagaimana menganalisa kemungkinan masalah yang mungkin terjadi di masa depan, serta tehnik dan kiat untuk mengantisipasinya. Dasarnya adalah: memikirkan dan bertindak sebelum masalah baru terjadi jauh lebih efisien ketimbang memecahkan masalahnya ketika problem baru tersebut benar benar terjadi: baik dalam konteks jumlah potensi maupun dampaknya.
- PENCEGAHAN DAN PENYELESAIAN MASALAH DENGAN METODE LKI – HORENSO
- Mekanisme koordinasi dan prioritasi dalam bisnis.
- Pengenalan prinsip Laporan, Konsultasi, Informasi atau LKI
- Hubungan LKI, PICA dan PDCA.
- Aplikasi Laporan (Obligation + Extra Voluntary Effort), Komunikasi (Sharing of Information), Konsultasi (Synergy).
- Memahami esensi masalah bisnis: Data vs Opini, Informasi vs Analisa, Sintesa vs Insight vs Foresight, sebagai dasar Rekomendasi.
- Struktur dari proses pelaksanaan keputusan.
- Bagaimana menyusun Action Plan yang efektif yang mencerminkan Siapa melakukan, Apa dan Bilamana
- Bagaimana menyusun Action Plan dalam mengecek progres pelaksanaan keputusan.
- Latihan dan studi kasus.
- KREATIVITAS DALAM MENGHADAPI MASALAH MANUSIA; PERBEDAAN MENANGANI MASALAH TEAM VS MASALAH PELANGGAN
- Esensi menghadapi masalah team: Masalah Individu, Masalah Relationship, Masalah Sistem/Support.
- Esensi menghadapi masalah pelanggan: komunikasi yang efektif dalam menyampaikan rencana kerja penyelesaian masalah dan keputusan perusahaan ala bengkel authorized.
- Mental Bejat (Blaming, Excuse, Judgemental, Avoidance, Throw Away) dalam menghadapi masalah manusia. How to develop trust : the key to any problem solving mechanism.
- KOMUNIKASI YANG KREATIF DAN EFEKTIF DALAM PENYELESAIAN MASALAH
- Memahami berbagai tipe personality, kecenderungan dan gaya komunikasinya dalam penyelesaian masalah.
- Memahami motif, kebiasaan dan bahasa tubuh manusia sesuai tipologi.
- Memahami penggunaan metode “KGHP” dan indikator lainnya.
- Bagaimana mencari tombol pemicu tiap-tiap orang berdasarkan tipologi dan profil kepribadiannya.
- Memahami kebiasaan komunikasi tertulis vs lisan untuk masing-masing tipologi. Latihan: menebak tipologi manusia dari Bersalaman, Raut Muka, Gaya Bicara dan Pakaian.
- Simulasi: membuat strategi pendekatan, komunikasi penyelesaian masalah dan persuasi atas keluhan yang tepat.
- LATIHAN:
- Peserta berlatih membuat one paper problem description format presentasi kelas.
- Group presentation & facilitator review
- Persetujuan bersama metode / alur pendekatan dalam: Melihat, mereview dan menganalisa masalah. Menentukan akar penyebab. Membedakan emosi dengan data, serta bagaimana menyatakannya. Bentuk rekomendasi penyelesaian dan pasca tindakakannya.
- Penggunaan Software X-Mind sebagai alat bantu penyusunan PROSDEM
NARASUMBER
SAFRIN HERUWANTO
Professional Trainer, Consultant and Coach
BIAYA KONTRIBUSI
Rp. 4.000.000,- (tidak termasuk penginapan)
FASILITAS PESERTA
Sertifikat, Tas, Modul Materi, Alat tulis, Makan siang dan Snack selama 2 hari kegiatan.
CARA PENDAFTARAN
Konfirmasi pendaftaran melalui:
TELPON: 0813-86-473757 (HERU),
WA: 0878 0400 3367, ATAU
EMAIL: info@larasindo.or.id
Pembayaran Biaya Training dapat dilakukan dengan 2 cara antara lain:
Transfer ke BANK MANDIRI SYARI’AH KCP Jati Asih Bekasi
No. Rek: 7120875781 AN. Safrin Heruwanto. Lakukan Konfirmasi Pembayaran dengan mengirimkan bukti transfer melalui email ke admin@larasindo.or.id, 0878-0400-3367 (WA), atau dibawa pada saat Registrasi Ulang di lokasi training.
Tunai di Tempat saat melakukan registrasi ulang di lokasi training.
Jika masih ada yang mesti ditanyakan mengenai materi tersebut, jangan ragu untuk menghubungi kami.
[Form id=”1″]