Menentukan Jurusan Kuliah berdasarkan Personal Branding dan Strenght Typology (ST-30) dengan Talents Mapping.

Safrin Heruwanto

Personal Branding adalah konsep yang mengacu pada proses membangun dan mempromosikan citra atau identitas unik dari diri seseorang sebagai merek. Hal ini mirip dengan cara merek perusahaan membangun reputasi mereka di pasar. Personal Branding berfokus pada bagaimana seseorang mempresentasikan diri, nilai-nilai, keterampilan, pengetahuan, dan kepribadian mereka kepada dunia luar.

Tujuan dari Personal Branding adalah untuk membuat diri Anda menjadi lebih dikenal, dihargai, dan diingat oleh orang lain dalam lingkungan profesional dan sosial. Dengan memiliki personal branding yang kuat, Anda dapat membedakan diri Anda dari orang lain dalam bidang yang sama atau serupa, meningkatkan peluang karir, membangun jaringan yang luas, dan membantu mempengaruhi cara orang lain melihat dan mempersepsi Anda.

Beberapa langkah dalam membangun personal branding meliputi:

  1. Mengidentifikasi Nilai dan Keahlian: Tentukan apa yang membuat Anda unik dan menonjol di antara orang lain, termasuk nilai-nilai, minat, dan keterampilan khusus Anda.
  2. Membangun Citra: Kembangkan citra yang konsisten dan autentik yang mencerminkan identitas dan kepribadian Anda. Ini dapat melibatkan penggunaan media sosial, situs web pribadi, dan materi pemasaran diri lainnya.
  3. Berbagi Pengetahuan dan Isi yang Berharga: Berkontribusi pada komunitas dan industri Anda dengan berbagi pengetahuan, pemikiran, dan konten yang bermanfaat melalui blog, artikel, atau presentasi.
  4. Membangun Jaringan: Terlibatlah dalam acara dan kegiatan industri, dan jalin hubungan dengan orang-orang yang relevan dengan bidang atau industri Anda.
  5. Konsistensi dan Keaslian: Pertahankan konsistensi dalam perilaku dan pesan Anda agar personal branding Anda terlihat kredibel dan autentik.

Personal branding tidak hanya berlaku bagi para profesional atau pebisnis, tetapi juga relevan untuk siapa saja yang ingin meningkatkan pengaruh dan citra diri mereka di lingkungan pribadi dan profesional.

Personal Branding pada Poin No. 1 diatas, dapat diperoleh melalui asesmen terukur, terinci dan struktural, sehingga seseorang dapat mengetahui Brand tentang dirinya melalui serangkaian asesmen misalnya Talents Mapping Leadpro.

Berikut uraian dari Strenght Typology – 30 (ST-30) yang bisa dijadikan referensi kuat sebagai Pembentuk Personal Branding, yang biasanya berjumlah 5 (lima) teratas atau tertinggi scorenya di antara 30 Tipologi Kekuatan lainnya.

misalnya, seseorang yang memiliki Personal Branding seperti dibawah ini:
(Dari Hasil Asesmen Talents Mapping)

Diperoleh kesesuaian Profesi dan Jurusan Pendidikan, sbb:

Lalu, Jurusan Pendidikan apa yang paling tepat atau sesuai dengan Personal Branding tersebut?

  • Server (SER) — Jurusan Pendidikan yang berhubungan dengan: Hospitality, customer service, business administration.
  • Analyst (ANA) — Jurusan Pendidikan yang berhubungan dengan: Accounting, finance, economics, statistics.
  • Explorer (EXP) — Jurusan Pendidikan yang berhubungan dengan: Business administration, entrepreneurship, science, travel.
  • Treasurer (TRE) — Jurusan Pendidikan yang berhubungan dengan: Accounting, finance, business administration.
  • Evaluator (EVA) — Jurusan Pendidikan yang berhubungan dengan: Accounting, business administration, psychology, counseling

Lebih Lengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

SILAKAN MASUK KE TALENTS MAPPING

Isikan Kode Referensi dengan : NIZAMIA

Email : email Anda

Tanggal Lahir : Isi yang sebenarnya

Lalu tekan SUBMIT

Kerjakanlah seluruh pertanyaan dengan tekun dan sungguh-sungguh dan tetap ringan serta santai tanpa terbebani apapun.

Hasil Asesmen, bisa diperoleh dalam waktu maksimal 1 jam atau 60 menit, namun, biasanya selesai lebih cepat.

Semoga Sukses dapat diraih dengan Baik dan Benar, Manfaatkan Kekuatan dan siasati kelemahan!

Salam Edukasi

Safrin Heruwanto

Trainer & Coach – ICT & Management – Talents Mapping Practitioner – 0813 86 473757

Biaya Investasi :

  1. Asesmen (Hasil dalam bentuk PDF) = Rp. 750.000/person (exclude consultation)
  2. Konsultasi Pelajar / Mahasiswa = Rp. 350.000 perorang/jam
  3. Konsultasi Karyawan/Umum = Rp. 750.000 perorang/jam

Note: Asesmen dan Konsultasi secara kolektif ( >5 orang) keringanan / potongan sebesar 15%

Share ke teman-temanmu ya...