Manajemen Aset Terpadu

Technology Based & ISO 55001:2014

Manajemen Aset Terpadu dengan pendekatan berbasis teknologi dan ISO 55001:2014 adalah konsep yang mengacu pada praktik mengelola semua jenis aset suatu organisasi secara holistik dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi modern dan mengikuti standar internasional yang ditetapkan dalam ISO 55001:2014.

  1. Manajemen Aset Terpadu (Integrated Asset Management):
    Manajemen Aset Terpadu adalah pendekatan yang menggabungkan semua aspek pengelolaan aset suatu organisasi, termasuk aset fisik (seperti infrastruktur, peralatan, bangunan), aset non-fisik (seperti data, informasi, kebijakan), dan aset manusia (keterampilan dan pengetahuan karyawan). Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kinerja aset secara keseluruhan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan memastikan bahwa aset tersebut memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi organisasi.
  2. Technology Based (Berbasis Teknologi):
    Pendekatan berbasis teknologi dalam manajemen aset mencakup penerapan teknologi informasi, sensor, pemantauan jarak jauh, analitika data, kecerdasan buatan (AI), dan solusi digital lainnya untuk mengelola dan memantau aset dengan lebih akurat dan efisien. Teknologi ini membantu dalam pengumpulan data waktu nyata, pemantauan kondisi aset, peramalan kerusakan, dan pengambilan keputusan yang lebih tepat berdasarkan data.
  3. ISO 55001:2014:
    ISO 55001:2014 adalah standar internasional yang mengatur praktik terbaik dalam manajemen aset. Standar ini memberikan kerangka kerja untuk membantu organisasi dalam mengembangkan, mengimplementasikan, memantau, dan memperbaiki sistem manajemen aset yang efektif. ISO 55001:2014 bertujuan untuk membantu organisasi mencapai tujuan mereka dengan cara memahami dan mengelola risiko, biaya, dan kinerja aset secara lebih baik.

Integrasi konsep Manajemen Aset Terpadu dengan pendekatan berbasis teknologi dan penerapan standar ISO 55001:2014 dapat membantu organisasi mengoptimalkan pengelolaan aset mereka, meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko kegagalan aset, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang akurat.

Format PPT Dapat di kirimkan / unduh dengan donasi Rp. 50.000,- ke: Norek 410-23-6869-5 (A.N. Safrin H.) dan konfirmasi ke 0851 7157 5219 (WA)

Share ke teman-temanmu ya...