Berikut ini kami ingin membahas tentang contoh-contoh kalimat call to action (CTA) untuk email dan landing page. Di dalam sebuah email atau landing page, kalimat call to action menjadi salah satu elemen penting. Sehingga tidak mengherankan apabila call to action (CTA) menjadi ujung tombak untuk menghasilkan konversi.
Coba Anda bayangkan apa jadinya kalau seandainya landing page atau email tampilannya sudah bagus tetapi tidak ada kalimat call to actionnya, atau kalau ada sangat tidak menarik? Tentunya tidak akan terjadi konversi bukan? Padahal tujuan utama dan kita menggunakan landing page atau email adalah untuk menghasilkan konversi.
Berdasarkan Wikipedia, call to action (CTA) artinya adalah sebuah istilah marketing yang digunakan secara luas dalam periklanan dan penjualan. Istilah call to action (CTA) ini bentuknya berupa kata atau frase yang menjadi satu bagian tak terpisahkan dari sebuah konten pemasaran/ iklan. Tujuan dari call to action (CTA) ini adalah agar konsumen atau orang yang membaca iklan Anda baik di brosur, email, landing page, sosial media dan channel-channel pemasaran lainnya untuk segera mengambil tindakan seperti yang Anda kehendaki.
Misalnya dalam sebuah landing page Anda menawarkan ebook gratis, maka contoh kalimat call to action (CTA) yang bisa Anda gunakan adalah “Download Now” atau “Download Sekarang”. Kalau dalam sebuah email Anda menawarkan suatu produk maka contoh kalimat call to actionnya adalah “Shop Now” atau “Beli Sekarang”. Selain 2 ini masih ada banyak lagi contoh call to action yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan konversi email maupun landing page Anda.
Berikut ini kami sudah melakukan pengamatan dan mengumpulkan kalimat-kalimat call to action (CTA) dari banyak email dan landing page. Ada lebih dari 50 contoh kalimat call to action yang kami dapatkan. Agar lebih mudah dalam memahami dan mengaplikasikannya di dalam landing page, kami membaginya ke dalam beberapa kategori. Dan nantinya contoh-contoh kalimah call to action (CTA) ini bisa Anda terapkan di mana saja, baik itu di iklan Facebook Ads, iklan Google Adwords, email, landing page bahkan untuk brosur atau banner cetak pun bisa.
Pada kategori yang pertama ini yang kami maksud dengan mempermemudah adalah memudahkan pembaca email atau landing page untuk menuju tindakan yang kita inginkan. Sebagai contoh ada call to action “Learn More”, tujuan dari kalimat call to action ini adalah memudahkan orang agar mendapatkan meteri pembelajaran lebih banyak lagi. Contoh lainnya, “Watch now” yang tujuannya untuk memudahkan orang untuk melihat video yang ingin kita perlihatkan untuk mereka.
Kalimat call to action yang mempermudah ini merupakan ajakan yang lembut dan tidak memaksa. Penggunaan call to action seperti ini bagus untuk menawarkan sesuatu yang gratis (lead magnet) atau kalau dalam landing page, pembaca Anda mau memasukkan alamat emailnya ke dalam form yang sudah Anda sediakan.
Adapun contoh-contoh kalimat call to action dalam kategori ini antara lain :
Untuk versi bahasa Indonesianya Anda bisa menyesuaikannya sendiri.
Kalimat call to action pada kategori ini tujuannya adalah untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih rinci. Jika Anda menggunakan email dan konten email Anda ternyata tidak cukup untuk menjelaskan sesuatu, maka kalimat call to action ini merupakan solusi yang tepat. Atau ketika Anda membuat status di Facebook dan ingin agar orang yang membaca status Anda menuju ke website Anda, jenis call to action ini juga cocok untuk Anda gunakan.
Contoh kalimat call to action tersebut antara lain :
Kategori berikut ini bila tujuan dari landing page atau email Anda adalah untuk menunjukkan gambar atau video. Karena gambar atau video biasanya mempunyai tingkat engagement yang lebih tinggi daripada tulisan. Serta video dan gambar juga lebih mudah viral. Maka dari itu Anda bisa menggunakan kalimat call to action berikut ini untuk hal-hal tersebut.
Ini merupakan kalimat call to action yang paling sering digunakan pada landing page atau email. Contohnya adalah sebagai berikut :
Kalau dalam email atau landiang page Anda ingin agar pembaca Anda menjalin komunikasi dengan Anda, maka contoh kalimat call to action berikut ini cocok untuk Anda gunakan.
Selain untuk yang gratisan, call to action juga bertujuan untuk mengkonversi pengunjung landing page menjadi pembeli. Jadi kalau Anda ingin agar segera terjadi penjualan maka kalimat call to action berikut ini wajib Anda gunakan.
Tujuan dari kalimat call to action berikut ini adalah agar pembaca email atau landing page bisa segera bertindak dalam waktu sesingkat-singkatnya. Contohnya adalah sebagai berikut :
Contoh di atas semuanya menggunakan bahasa Inggris karena memang referensi kami adalah landing page dan email yang berbahasa Inggris. Untuk yang berbahasa Indonesia pada prinsipnya sama, Anda hanya tinggal menerjemahkan dan sedikit melakukan penyesuaian agar sesuai dengan masyarakat Indonesia.
Semoga Bermanfaat, Sahewa Larasindo
0813 86 473757