Jika Perusahaan memanfaatkan NLP, ini yang akan terjadi…

Manfaat NLP bagi Perusahaan

NLP atau Neuro-Linguistic Programming adalah model komunikasi, metodologi dan teknik untuk membantu seseorang berkomunikasi secara lebih efektif dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain. Ada banyak sekali manfaat NLP bagi perusahaan yang ternyata bagus untuk perkembangan bisnis.

NLP adalah sebuah teknik untuk mengelola pikiran, perasaan, ucapan, dan perilaku manusia dengan cara yang melayani dan menghormati orang lain. Itulah mengapa sebuah perusahaan dan institusi atau lembaga pendidikan dasar dan menengah memerlukan NLP untuk melatih karyawan demi mencapai tujuan yang diharapkan.

Manfaat NLP Bagi Perusahaan

NLP telah berkembang pesat sejak kehadirannya, dan dalam 50 tahun terakhir, banyak perusahaan telah belajar bagaimana mengubah aspek-aspek tertentu dari NLP untuk menghasilkan lebih banyak penjualan dan keuntungan, membuat pelanggan senang, dan berkomunikasi dengan lebih efektif.

Berikut adalah manfaat utama NLP dalam sebuah bisnis :

1. Membantu Meningkatkan Komunikasi di Semua Level Divisi

Pada dasarnya, NLP adalah pendekatan komunikasi. Isyarat komunikasi nonverbal, pola gerakan mata, dan tindakan bawah sadar lainnya terjadi saat orang berkomunikasi, berpikir, dan mengingat.

Memahami apa yang dapat dikatakan oleh bahasa tak terucapkan seseorang tentang pola pikirnya akan meningkatkan efisiensi komunikasi di seluruh bisnis Anda.

Setiap karyawan dari semua level divisi yang telah mendapat pelatihan NLP akan lebih terbangun komunikasinya sehingga tidak ada lagi hambatan komunikasi yang terjadi.

2. Memotivasi untuk Sukses Seperti Perusahaan Kompetitor

Pendiri program neuro-linguistik John Grinder dan Richard Bandler menjelaskan bahwa, dengan pelatihan NLP yang tepat, “Jika ada manusia yang dapat melakukan sesuatu, maka Anda juga bisa.”.

Nah, kalimat ini bisa memacu Anda selaku pemilik bisnis untuk termotivasi dalam menjalan operasionalisasi bisnis. Hal ini dikarenakan NLP mengajarkan Anda untuk memahami bagaimana individu dan bisnis yang sukses bekerja dan berkomunikasi, bahkan secara tidak sadar.

Anda kemudian dapat memodelkan perilaku Anda setelah merenungkan kompetitor dan dengan menggunakan strategi NLP khusus, Anda bisa menciptakan kembali kesuksesan tersebut dalam bisnis Anda sendiri.

3. Tim Sales Memiliki Kemampuan Membaca Pikiran Customer

Pelatihan NLP dapat membuat staf sales Anda membaca pikiran customer dengan memahami isyarat fisik dan gerakan mata. Staf sales dapat menjawab setiap pertanyaan yang customer ajukan dan informasi yang mereka berikan untuk menciptakan prospek bagus dalam penjualan.

Memahami bagaimana perasaan customer dan apa yang mereka pikirkan selama proses penawaran yang berlangsung dapat membuat staf sales lebih mudah melakukan closing penjualan.

4. Meningkatkan Keterampilan Negosiasi

Dalam bisnis, Anda memahami bahwa hidup adalah satu negosiasi besar. Bidang bisnis apapun, seorang pemilik pasti akan melakukan negosiasi setiap harinya, baik itu dengan karyawan perusahaan, vendor, pesaing, marketer, firma advertising dan seterusnya.

Nah, pelatihan NLP membantu Anda lebih memahami setiap interaksi manusia. Keterampilan negosiasi Anda akan menjadi lebih persuasif dan efektif.

5. Meningkatkan Semangat Bekerja

Jika setiap orang dalam bisnis Anda, dari mulai CEO, pendiri hingga karyawan tahu cara berkomunikasi secara efektif, baik berkomunikasi secara langsung atau tidak, maka pekerjaan yang dihadapi pasti akan jauh lebih menyenangkan.

Ya, ketika semua orang memahami apa yang dikatakan orang lain, termasuk isyarat nonverbal yang diberikan orang, sebuah perusahaan bisa membangun budaya organisasi yang bagus dan pada akhirnya menciptakan semangat kerja yang tinggi.

6. Bisa Membangun Hubungan yang Sempurna dengan Klien

Baik klien atau customer yang menghubungi perusahaan Anda untuk mengeluh, memuji, atau menawarkan saran, NLP memungkinkan Anda memahami apa yang sebenarnya ada di pikiran mereka semua.

Ketika tim customer service perusahaan Anda dapat menangkap isyarat fisik yang diucapkan dan tidak terucapkan, mereka pasti tahu bagaimana cara membuat customer dan klien perusahaan.

7.  Bisa Mencapai Tujuan Bisnis Lebih Dekat

Salah satu prinsip utama filosofi NLP didasarkan pada keyakinan bahwa semua orang sebagai individu memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai apapun yang sangat diyakini.

Dengan adanya pelatihan NLP di perusahaan, maka akan membantu karyawan termotivasi secara internal untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri. Semakin karyawan sadar dan termotivasi untuk bekerja, semakin tujuan bisnis perusahaan Anda akan lebih mudah tercapai.

Tidak hanya untuk karyawan saja. bagi pemilik bisnis, NLP juga sangat penting. Anda tidak hanya dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik, namun Anda juga dapat memahami apa tujuan dan misi bisnis seharusnya.

Anda dapat dengan jelas mengidentifikasi tujuan dengan cara sensorik, membayangkan tujuan bisnis dapat dicapai, dan kemudian merumuskan rencana tindakan yang konkret, mengevaluasi kemajuan perusahaan, memotivasi dan menginspirasi diri Anda sendiri serta karyawan untuk mencapainya.

8.  Membangun Komunikasi Interpersonal yang Bagus Antar Karyawan

Sebagian besar perusahaan umumnya memiliki banyak program yang disiapkan untuk mempengaruhi produktivitas karyawan, tetapi berapa banyak dari mereka yang benar-benar mempelajari komunikasi interpersonal?

Nah, pelatihan NLP mengembangkan keterampilan interpersonal dengan kecerdasan emosional, termasuk prinsip-prinsip yang mengidentifikasi dan memanfaatkan pola bahasa yang menarik untuk membuat karyawan lebih peka terutama sisi komunikasi non-verbal.

Secara khusus, NLP mengubah indra manusia dan menjadi lebih sensitif terhadap orang lain untuk mencapai hasil yang produktif.

Jenis pembinaan dari pelatihan NLP ini tidak hanya menjaga pola komunikasi interpersonal tetap terbuka, tetapi juga menimbulkan empati di antara karyawan sehingga pada akhirnya semua karyawan bisa menggali potensi untuk menemukan inovasi yang bermanfaat untuk perusahaan.

Sebagian besar pemilik perusahaan memiliki pemahaman dasar bahwa karyawan yang diberdayakan bisa menjadi pekerja yang sangat produktif dan pelatihan NLP bisa mewujudkan hal itu.

Manfaat NLP bagi perusahaan cukup banyak, mulai dari mempengaruhi pola perilaku karyawan untuk membantu mereka memahami satu sama lain dengan lebih baik,  menanggapi kebutuhan dan keinginan customer, memiliki kemampuan negosiasi yang bagus dan masih banyak lagi.

#SafrinHeruwanto ; #NLPforEmployees — dari berbagai sumber — 0882 1319 5799 ; 0813 86 473757

Share ke teman-temanmu ya...
WhatsApp chat