PENDAHULUAN
Pelayanan prima/Service Excellence merupakan modal utama dalam bekerja, karena kepuasan pelanggan diatas segalanya. Layanan Prima adalah usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan atau hasrat manusia baik yang berhubungan dengan Customer maupun Servicer.
Etika pelayanan merupakan perilaku dalam memberikan pelayanan yang etis sesuai janji dan komitmen. Perilaku pelayanan yang didasari oleh kejujuran, emosi baik, kepercayaan diri, tanggung jawab, kepatuhan pada kode etik pelayanan, dan integritas diri untuk pelayanan berkualitas, akan menghasilkan kualitas etika pelayanan yang sempurna.
Kepuasan Pelanggan terhadap suatu perusahaan dipengaruhi oleh seberapa jauh produk dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, apakah sudah mampu memenuhi, bahkan melampaui kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan?. Selain itu, pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan juga akan turut menentukan perubahan persepsi mereka terhadap perusahaan.
Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan secara berkala, akan dibutuhkan oleh perusahaan guna mengetahui seberapa jauh performance (Kinerja) perusahaan dalam memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan informasi penting mengenai seberapa jauh kekuatan dan kelemahan (gap) perusahaan dalam berkompetisi, yang tentu sangat penting bagi langkah strategis ke depan.
Pelayanan pelanggan yang etis mencerminkan bagaimana perusahaan berurusan dengan pelanggan melalui tata kelola bisnis yang sehat dan berbudaya. Hal ini akan tercermin dari ketersediaan standar pelayanan, budaya pelayanan, nilai-nilai kerja, kebijakan, dan etos kerja yang diharapkan untuk menjadi perilaku pelayanan yang etis. Mengembangkan lingkungan kerja yang berorientasi kepada pelayanan yang etis, untuk pelanggan eksternal dan internal, merupakan keunggulan yang akan membuat perusahaan selalu sukses di front line. Prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menggambarkan standar perilaku pelayanan yang etis; akan menghasilkan perilaku pelayanan customer service yang fokus pada kebutuhan pelanggan melalui perilaku yang profesional, sabar, tenang, jujur, penuh hormat, berintegritas, terpercaya, dan patuh pada panduan kode etik pelayanan perusahaan.
Dibutuhkan Customer Care Process sehingga dapat terus meningkatkan Sales Satisfaction Index, senantiasa memenuhi kebutuhan pelanggan, menghadirkan pelayanan yang berkualitas dengan kenyamanan yang optimal, mengutamakan keramahan, sopan santun, selalu menerapkan 3 S (senyum, sapa, salam), helpful, dan memiliki product knowledge, pengerjaan tepat waktu, tingkat kesalahan yang hampir tiada, kecepatan pelayanan, tenaga & teknisi yang terampil, pengiriman yang rapi dan terjaga, penanganan complain yang baik, perhatian yang serius terhadap klien, serta mempunyai kecakapan dalam berkomunikasi yang baik. Semua itu bertujuan untuk Mengedepankan pada Kepuasan Pelanggan (Striving for Complete Satisfaction).
CHALLENGES
Pelatihan ini, akan memberikan motivasi dan inspirasi untuk memperkuat mindset Customer Service, agar para Office Boy, Cleaning Service, Frontliner dan siapapun yang terlibat dalam pelayanan mampu mewujudkan pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi, melalui pelayanan prima yang persuasif, yang berlandaskan perasaan positif dan pikiran positif, mereka juga akan belajar cara-cara melakukan service excellent terhadap pelanggan.
TUJUAN TRAINING
TOPIK TRAINING
2. SIKAP DIRI YANG BENAR
3. KEKUATAN SERVICE EXCELLENT
4. ENAM LEVEL LAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT)
5. EFFECTIVE COMMUNICATION WITH YOUR CUSTOMER
6. GROOMING & GREETING
7. TELEPHONE CONTACTS
8. HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
9. SERVICE RECOVERY
10. CHEKING & CONTROL SERVICE EXCELLENT
SAFRIN HERUWANTO, S.KOM., CNLP, CHt.
Trainer – Service Excellent Specialist
An experienced and reliable management and communication professional with a strong work ethic and advanced problem solving skills who excel at building excellent working relationships, team development, talent development, and willingness to take additional responsibilities to go beyond company goals . Business & Life Coach, Mentor & Trainer (Motivating, ESQ, Self Mastery, Management & IT).
Communicator; Marketer; Analyst; Strategist; Journalist
WORK EXPERIENCES
ORGANISATION | LOCATION | POSITION | DATE |
PT. Pertamina Hulu Energi Abar Anggursi | Jakarta | Senior Field Relation CID-CSR / Formalités and Securities Officer | July 2018 – Present |
LARASLUHUR INDONESIA FOUNDATION | Bogor | Program Director | 2016 – Present |
INDONESIA BUSINESS LINKS | Jakarta | Program Manager | October 2015 – Dec. 2016 |
GLOBAL MULIA INSTITUTE | Cikarang | Academic Affair Manager | 02 December 2014- September 2015 |
POLITEKNIK LP3I JAKARTA | Cileungsi Branch | Branch Manager | 2012 –2014 |
POLITEKNIK LP3I JAKARTA | Depok – Branch | Head of Cooperation and Placement | 2010 –. 2012 |
POLITEKNIK LP3I JAKARTA | Pondok Gede | Head of Cooperation and Placement | 2008 – 2010 |
BINTANG DELAPAN MINERAL, PT. | Morowali – Sulawesi | Head of Public Relation | 2008 |
Yayasan Komunitas Yogyakarta | Jogjakarta | Community Development Coordinator | Jan 2006 – January 2008 |
Save The Children UK, International Non Government Organization | DI. Jogjakarta | Education Project Officer | June 15 – November 30, 2006 |
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI & ILMU KOMPUTER MERIDIAN | Jakarta | Corporate administrative, legal & training coordinator | 2004 -2006 |
FINANSA INDONESIA | Jakarta | IT Supervisor & Settlement | 1999 – 2004 |
VICKERS BALLAS TAMARA | Jakarta | Settlement Officer & IT Supervisor | 1997 – 1999 |
PATRA CENDEKIA FOUNDATION | Jakarta | Junior Consultant & IT Coordinator | 1994 – 1997 |
CALL US AT: 0882 1319 5799 ; 0813 86 473757