web analytics

Pengembangan kewirausahaan adalah proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pengusaha melalui berbagai program pelatihan dan kelas. Inti dari pengembangan kewirausahaan adalah untuk meningkatkan jumlah wirausahawan.

Dengan melakukan ini, langkah di mana bisnis atau usaha baru dibuat menjadi lebih baik. Pada tingkat yang lebih luas, ini membuat ruang untuk pekerjaan dan meningkatkan ekonomi bisnis atau negara. Langkah-langkah di bawah ini akan menjelaskan cara membuat program pengembangan kewirausahaan yang efektif dan cara meningkatkannya.

Buat garis besar tujuan program dan fokus pada pengembangan usaha

1

Pengembangan kewirausahaan bertujuan untuk individu yang ingin memulai atau mungkin mengembangkan bisnis. Pengembangan kewirausahaan juga banyak berfokus pada peningkatan ide dan potensi wirausaha.

Tujuan dari suatu program harus dijelaskan dengan jelas jika program tidak akan pernah mencapai potensi penuhnya. Pengembangan usaha juga harus digariskan dalam program ini. Tanpa keduanya, tidak akan ada tujuan yang jelas.

Pilih orang-orang berpendidikan yang memiliki potensi kewirausahaan tinggi

2

Program pengembangan kewirausahaan mengharuskan berbagai orang dipilih. Namun, sebagian besar program cenderung mencari kelompok orang berpendidikan tertentu daripada menargetkan semua orang. Idealnya, Anda harus melihat pendidikan dan sifat-sifat yang Anda cari, dalam wirausaha, dan mencocokkannya dengan orang-orang yang telah mendaftar untuk program tersebut.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa dana publik harus digunakan untuk orang yang paling membutuhkan bantuan. Sumber daya dari program pengembangan kewirausahaan biasanya (dan sayangnya) terbatas. Karenanya lebih baik memilih orang yang terbukti benar-benar bermanfaat dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Pilih orang yang tidak berpendidikan yang memiliki potensi kewirausahaan tinggi

3

Proyek pengembangan kewirausahaan perempuan di Nepal baru-baru ini dilakukan. Ditemukan bahwa wanita yang tidak dapat memenuhi kebutuhan esensial keluarga mereka atau diri mereka sendiri biasanya lebih bersemangat untuk belajar tentang berbagai cara untuk mendapatkan uang dibandingkan dengan wanita yang lebih kaya. Namun, wanita seperti itu biasanya menghadapi banyak masalah.

Meskipun perempuan tersebut tidak berpendidikan, mereka memiliki potensi kewirausahaan yang besar karena mereka memiliki motivasi yang tepat. Orang-orang seperti itu perlu dibantu oleh paket bantuan di mana pelatihan dapat diberikan tentang kewirausahaan. Ini akan menanamkan kepercayaan diri dan mengajari mereka keterampilan yang mereka butuhkan untuk menyediakan bagi keluarga mereka.

Identifikasi pasar lokal dan cari orang-orang yang memiliki potensi di dalamnya

4

Program pengembangan kewirausahaan pertama-tama harus mengidentifikasi pasar lokal dan membantu wirausahawan potensial yang tahu banyak tentang itu. Orang-orang ini harus mampu menganalisis dan kemudian merancang ide-ide unik berdasarkan kebutuhan lingkungan mereka.

Dengan berkonsentrasi pada pengusaha lokal terpilih, efek dari program ini dapat dengan mudah dan cepat terlihat di dalam masyarakat. Kemudian, program dapat membantu meningkatkan pengetahuan mereka di sektor mereka. Faktanya, kreativitas dan kehausan akan inovasilah yang lebih penting daripada ukuran pasar. Dalam program selanjutnya, pengenalan produk baru dan fitur produk dapat ditambahkan. Ini akan menambah nilai dan meningkatkan ukuran pasar

Berikan dukungan melalui organisasi berbasis sektor swasta

5

Dukungan harus diperoleh dari organisasi swasta yang berbasis keuangan dan pengetahuan. Ini membantu mengurangi biaya program pengembangan kewirausahaan dan meningkatkan efektivitasnya.

Organisasi swasta yang dapat mendukung program pengembangan kewirausahaan termasuk universitas, perusahaan konsultan, dan berbagai LSM. Perusahaan besar juga didorong untuk mendukung program pengembangan kewirausahaan karena ini merupakan sponsor mereka yang akan membantu mengurangi pengangguran.

Berikan metodologi yang mudah namun terperinci yang akan membantu wirausahawan meningkat dalam jangka pendek dan jangka panjang

6

Program pengembangan kewirausahaan bertujuan agar mudah dipahami dan mengajarkan keterampilan yang dapat digunakan wirausahawan setelah program. Ini juga berisi kursus yang bertujuan mengembangkan keterampilan dan ide-ide mereka. Ini diperlukan jika pengusaha ingin berhasil mengeksploitasi pasar lokal.

Mereka juga perlu diajari cara mengumpulkan sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi tujuan usaha mereka. Program ini juga perlu menjabarkan metode-metode di mana wirausahawan dapat meningkatkan kinerja bisnis mereka dalam jangka panjang.

Pelatihan pengembangan wirausaha terbukti sangat efektif ketika keuangan, jaminan kualitas, pemasaran, dan produktivitas dikaitkan dengan program pelatihan. Sebagai contoh, ketika bank pembangunan terlibat lebih awal dalam proses pelatihan, seorang wirausahawan akan dengan mudah memahami proses kredit dan juga memuji rencana bisnis bank.

Terapkan langkah-langkah khusus untuk meningkatkan kegunaan pelatih dan fasilitator

7

Keberhasilan program pengembangan kewirausahaan juga bergantung pada komitmen dan kualitas banyak fasilitator dan pelatih. Setiap pelatih atau fasilitator dalam program perlu memahami budaya dan gaya hidup kelompok agar dapat lebih mengintegrasikan diri dan melayani kelompok.

Pemilihan pelatih yang tepat didasarkan pada jumlah pengalaman bisnis yang mereka miliki dan seberapa banyak pengetahuan yang mereka miliki tentang lingkungan bisnis lokal mereka. Pelatihan fasilitator dapat secara signifikan meningkatkan kegunaannya dalam menangani kebutuhan pengusaha.

Pemilihan area untuk program percontohan harus tepat

8

Program pengembangan kewirausahaan biasanya terlalu terbatas dalam hal di mana itu dilakukan dan apa yang orang terlibat dalam program ini. Memilih area target percontohan biasanya akan tergantung pada kemudahan di mana lembaga pendukung tersedia.

Ini juga akan tergantung pada minat orang dalam program pengembangan kewirausahaan. Fakta-fakta ini tidak akan pernah sama untuk dua lokasi geografis dan karenanya harus dipertimbangkan dengan cermat.

Luncurkan pilot program ED dan kembangkan sesuai kebutuhan

9

Menganalisis kelayakan pilot adalah cara yang efektif untuk meluncurkan program pengembangan kewirausahaan utama. Jika program menunjukkan tanda-tanda janji yang tinggi, itu dapat diluncurkan pada tingkat nasional. Dengan mengandalkan sponsor untuk dukungan daripada dukungan donor, program ini akan dapat memperluas pembangunan lokal masa lalu dengan tetap mempertahankan kualitas tinggi. Ini sangat penting ketika dukungan donor mulai memudar.

Program pengembangan kewirausahaan yang sukses membutuhkan kebijakan pemerintah

10

Kewirausahaan membantu perekonomian suatu negara tumbuh dan menciptakan lapangan kerja baru. Kebijakan pemerintah biasanya memiliki dampak besar pada jumlah pengusaha di suatu negara.

Walaupun ada banyak pemerintah yang mengatakan mereka mendukung bisnis wirausaha, mereka biasanya tidak memiliki kebijakan dan program spesifik yang secara efektif mendukung pengembangan wirausaha.

Membuat program pengembangan kewirausahaan yang efektif mungkin tidak mudah tetapi sekali lagi, itu juga tidak mustahil. Dengan mengikuti sepuluh poin di atas dengan hati-hati, Anda berada di jalur yang tepat untuk menciptakan program pengembangan kewirausahaan yang tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan Anda dalam jangka pendek tetapi dalam jangka panjang juga.

adopted from https://www.earlytorise.com/entrepreneurship-development/

Share ke teman-temanmu ya...