web analytics

Karyawan Loyal dan Mungkir

Asesmen Tepat utntuk Karyawan

by Safrin Heruwanto

Cara Mudah untuk mengetahui “Kapasitas” dan Kompetensi Karyawan Perusahaan Anda, Perhatikan artikel ini…

Kuadran Aktivitas mampu menjawab tingkat keterikatan karyawan (Employee Engagement) dalam suatu perusahaan atau organisasi. Umumnya, tingkat Employee Engagement yang tinggi pada suatu perusahaan atau organisasi tercemin dari banyaknya karyawan yang berada pada Kuadran Satu. Apa yang dimaksud dengan Employee Engagement?

Telah banyak para pakar, manager atau perusahaan yang berbicara
mengenai masalah Employee Engagement dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi produktivitas perusahaan. Selama beberapa tahun Gallup Organization telah melakukan survei terhadap tingkat Employee Engagement di seluruh dunia. Gallup mendefinisikan Employee Engagement sebagai: those employees who are loyal and psychologically committed to the organisation

Dengan demikian Employee Engagement digambarkan sebagai karyawan yang memiliki loyalitas dan secara psikologis memiliki komitmen terhadap perusahaan. Engaged employees atau karyawan yang yang berada pada dalam Employee Engagement tidak hanya lebih produktif namun mereka juga akan tinggal lebih lama bersama perusahaan (hal ini akan mengurangi biaya rekrutmen dan pelatihan). Hal ini juga akan mempengaruhi faktor keselamatan dan kesehatan karyawan (hal ini mengurangi biaya resiko dan kinerja yang rendah).

Pada dasarnya Employee Engagement terbagi menjadi tiga tipe karyawan, yaitu: Engaged Employees, Not-Engaged Employees, dan Actively Disengaged Employees.

Asesmen Karyawan yang berfokus Pada Kekuatan akan Jauh Lebih Berdaya, ketimbang yang berfokus pada Kompetensi karyawan yang pada akhirya banyak aspek ‘PEMAKSAAN”, dan berakibat banyak dijumpainya karyawan dengan Tipe:
DIS-ENGAGED/NOT-ENGAGED dan bahkan ACTIIVELY DISENGAGED

Kalau Anda, Jenis Karyawan Yang Mana?

Call Us 0813 2202 1541 or 0813 86 473757

Share ke teman-temanmu ya...