Kampanye Pemasaran – (marketing campaigns)

Apa itu Kampanye Pemasaran?

Kampanye pemasaran mempromosikan produk melalui berbagai jenis media, seperti televisi, radio, media cetak, dan platform online. Kampanye tidak hanya bergantung pada iklan dan dapat mencakup demonstrasi, konferensi video, dan teknik interaktif lainnya. Bisnis yang beroperasi di pasar dan pewaralaba yang sangat kompetitif dapat memulai kampanye pemasaran yang sering dan mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk menghasilkan kesadaran merek dan penjualan.

Memahami Kampanye Pemasaran

Kampanye pemasaran dapat dirancang dengan berbagai tujuan, termasuk membangun citra merek, memperkenalkan produk baru, meningkatkan penjualan produk yang sudah ada di pasar, atau bahkan mengurangi dampak berita negatif. Menentukan tujuan kampanye biasanya menentukan seberapa banyak pemasaran yang dibutuhkan dan media apa yang paling efektif untuk menjangkau segmen populasi tertentu.

Bisnis yang beroperasi di pasar yang sangat kompetitif dapat memulai kampanye pemasaran yang sering dan mencurahkan sumber daya yang signifikan untuk menghasilkan kesadaran merek dan penjualan.

IMPORTANT NOTES

Jenis Kegiatan Kampanye Pemasaran

Ada banyak cara untuk memasarkan produk dan layanan kepada pelanggan, mulai dari mengirimkan brosur hingga mengoordinasikan blitz media sosial. Perusahaan kecil dapat mengirimkan undangan melalui email ke penjualan khusus dan menawarkan produk gratis kepada setiap pelanggan yang membawa undangan. Perusahaan yang lebih besar dapat menggunakan iklan berbayar dan agensi profesional untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Apa pun ukuran perusahaan, penting bagi seseorang yang berdedikasi untuk menangani arus lalu lintas yang dihasilkan kampanye pemasaran. Jika Anda meminta pelanggan untuk mendaftar ke daftar email Anda, Anda harus memastikan bahwa daftar tersebut dikelola dengan baik dan pelanggan baru menerima pesan sambutan. Jika kunjungan ke situs web Anda meningkat, Anda harus terus memperbarui konten Anda untuk mengubah lalu lintas ini menjadi penjualan yang menguntungkan.

perusahaan yang kehilangan penjualan karena pers negatif besar sering menggunakan kampanye pemasaran untuk merehabilitasi citra mereka. Salah satu contohnya adalah Chipotle Mexican Grill, yang diselidiki oleh Centers for Disease Control and Prevention setelah puluhan pelanggan jatuh sakit pada 2015 karena masalah keamanan pangan terkait E. coli dan norovirus. Penjualan Chipotle turun 30% pada kuartal pertama 2016 , dan untuk mendapatkan kembali minat pelanggan, perusahaan menawarkan kupon makanan gratis melalui surat langsung dan SMS. Chipotle juga menggunakan video online untuk mengumumkan hibah $10 juta untuk mendukung petani lokal.

Contoh Kampanye Pemasaran yang Sukses

Kampanye bebek Aflac yang sudah berjalan lama adalah salah satu contoh kampanye yang secara signifikan meningkatkan pengenalan merek. Tingkat pengenalan merek perusahaan hanya 12% ketika meluncurkan kampanye pada tahun 2000, dan lebih dari satu dekade iklan meningkatkan pengakuan hingga 90%.

Lay meluncurkan kampanye “Do Us a Flavour” pertamanya pada tahun 2012, meminta pelanggan untuk menyarankan rasa keripik kentang baru melalui SMS dan media sosial. Penjualan perusahaan meningkat 12%, dan volume pengikut media sosialnya meningkat tiga kali lipat.

Adopted from https://www.investopedia.com/

Share ke teman-temanmu ya...
WhatsApp chat