Menu

Pendidikan Untuk Anak-anak – Safrin Heruwanto

BringPositiveChangetoYourOrgKURIKULUM PAUD (Usia 3-4 tahun)

Usia pra-sekolah, merupakan masa-masa yag sangat krusial, penting dan sangat pokok. DI masa ini, self-esteem atau sikap lingkungan dalam memberi penghargaan, atau menghargai sesuatu  yang ada dalam diri anak-anak sangatlah menentukan siap atau tidaknya mereka menghadapi hidup dan kehidupan. Kurikulum yang kami kembangkan mengarah kepada Peningkatan Kepercayaan Diri melalui penyediaan aktifitas yang kami siapkan bagi peserta didik Pra-Sekolah, untuk mengarah kepada kemampuan problem solving dan mengembangkan kecintaan mereka dalam mempelajari sesuatu, untuk sepanjang waktu.

Melalui eksplorasi mandiri, kegiatan terstruktur, dan hands-on learning, anak-anak mengembangkan berbagai keterampilan dan pengetahuan dalam bidang seperti early literacy, matematika, ilmu pengetahuan, Bahasa dan sosial skills. Larasluhur Indonesia menciptakan kurikulum dan program prasekolah untuk menyelaraskan sekitar 140 standar pembelajaran yang maju secara berurutan di 6 (enam) domains yang meliputi:

  1. Cognitive Development
  2. Creative Expression
  3. Executive Function
  4. Language and Literacy Development
  5. Physical Development and Wellness
  6. Social and Emotional Development

 

Fitur Program Yang Kami Miliki:

  • Unit-unit program yang bertema mendorong rasa ingin tahu anak Anda, meningkatkan rasa percaya diri, dan mendukung kegiatan mandiri.
  • Hands-on experiences yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir ilmiah.
  • Kegiatan harian dalam Kelompok kecil dan besar.
  • Observation – berbasis pengamatan yang melacak kemajuan anak Anda menuju tahap perkembangan dan kesiapan sekolah.
  • Portofolio yang mendokumentasikan pertumbuhan dan perkembangan melalui kinerja anak Anda.
  • Komunikasi secara reguler antara guru-orangtua/keluarga, termasuk cara-cara dan metode yang dapat Anda lanjutkan di rumah Anda sendiri

 

Pondasi Kurikulum Pra-Sekolah – Larasluhur Indonesia

Tuntunan untuk pendidikan pra-sekolah anak Anda.

Temukan bagaimana 6 area fokus yang mampu memberikan anak Anda kesempatan untuk belajar dan tumbuh selamanya.

 

  1. Communicating with Others

Kami membimbing anak Anda dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

Kami memanfaatkan lingkungan yang kaya-bahasa untuk mendorong perkembangan anak-anak yaitu keterampilan literacy (keaksaraan) melalui kegiatan harian seperti misalnya membaca berbunyi dari satu literatur yang berbobot didik tinggi untuk melahirkan kecintaannya pada membaca, pengalaman jurnal yang mampu membawa kemampuan anak pada menulis kata dan kalimat, dan banyak lagi kesempatan ganda dalam mengenali dan menggunakan huruf dan kata yang memperluas kosa kata mereka dan praktik membangun kemampuan mengembangkan diri dalam berkomunikasi.

 

  1. Building Brain Power

Kami membantu anak-anak Anda memiliki keterampilan berfikir tertinggi.

We encourage the exploration of the physical properties of materials; use daily calendar activities to teach about sequence of events, patterns, and routines; and support the learning of cognitive skills such as counting, making predictions, testing, and drawing conclusions.

 

  1. Making New Friends

Kami membimbing (coach) Anak Anda untuk mengembangkan kemampuan relasional yang kuat. Kami me-model konsep sosial seperti “please/tolong” dan “terima kasih”, yang kami terapkan sehari-hari di percakapan kelas dan diskusi-diskusi membangun komunitas/kelompok, mengeksplorasi kesamaan dan perbedaan diantara anak-anak, mendorong kerjasama dengan anak-anak lainnya.

 

  1. Growing a Healthy Body

Kami membantu menyempurnakan keterampilan motorik Anak Anda. .
Kami menggunakan kartu lacing (gambar pola), stencils, dan kegiatan menulis untuk meningkatkan keterampilan motorik halus; memperkuat keterampilan motorik kasar melalui kegiatan gerak badan seperti berlari, melompat, dan melempar obyek, menawarkan pilihan panganan sehat pilihan dan mendorong belajar tentang cara-cara tubuh merespon nutrisi dan gerak yang dilakukan Anak.

 

  1. Nurturing Creativity

Kami menginspirasi Anak Anda untuk mengeksplorasi ide-ide dan bakat-bakat kreatifnya.
Kami mendorong Anak Anda dalam mengekspresikan dirinya melalui seni-seni kreatif dan mempersiapkan kesempatan setiap hari untuk melukis/menggambar, bergerak, menyanyi, boneka-boneka cerita dan memainkan drama sebuah skenario.

  1. Developing Lasting Life Skills

Kami membangun keterampilan memecahkan masalah secara nyata. (real-time problem-solving) Kami mendukung penerapan Pengetahuan dalam cara yang baru. Kami mendorong rasa ingin tahu dan keputusan memilih, menyiapkan anak-anak kesempatan untuk memecahkan masalah, mempertunjukkan fleksibilitas dalam berfikir dan menggunakan kegiatan rutin harian untuk meningkatkan daya ingat.

 

Your Preschooler’s Day
Time Description
8:00 am Arrival and Breakfast

Children participate in quiet activities and eat breakfast. As children finish breakfast, they can visit learning centers or participate in individual or small-group activities until most children have arrived or are finished eating.

9:00 am Morning Group Time:

Teacher brings the group together for morning routines like calendar, sharing, and discussion of the day’s activities.

9:25 am Learning Centers and Small-Group Activities

Children choose activities in the following learning centers: blocks, creative arts, dramatic play, library, math and manipulatives, science and sensory, and writing. Teachers implement small-group activities, focusing on skill-building activities and observational assessment.

11:00 am Group Time

Children come together to listen to a daily read-aloud and/or to finish or repeat activities from the early morning group time.

11:15 am Outdoor Play

Children participate in structured outdoor activities designed to promote connections to the in-class curriculum.

11:50 am Lunch

Children wash hands, help set the tables, and prepare and eat lunch.

12:30 pm Group Time

Teachers read aloud to the children as they settle down for naps.

12:45 pm Rest Time and Quiet Work Time

Most children nap or rest quietly. As children wake from rest time, they can select from a variety of quiet choices, such as manipulatives, drawing and writing, books, or the listening center.

2:15 pm Learning Centers

Children choose from activities in the learning centers.

3:00 pm Afternoon Group Time

Children come together for an afternoon featured activity and closing routine.

3:15 pm Snack
3:30 pm Outdoor Play

Children select from a variety of outdoor activities.

4:15 pm Learning Centers or Small-Group Activities

Children select from a variety of activities that are easy to clean up, such as books, listening center, and manipulatives.

 

  • (All Developmental Domains/Content Areas)
  • (Cognitive Development)
  • (Creative Arts)
  • (Language and Literacy Development)
  • (Physical Development and Wellness)
  • (Executive Function)

 

Larasluhur Indonesia Pre – Kindergarten and Kindergarten [Green School Concept]

KURIKULUM:

 

Program Pendidikan Anak Usia Dini, Play Group dan Taman Kanak-Kanak (PAUD, PG & TK) Larasluhur Indonesia menawarkan pendidikan berbasis-siswa yang dibangun sesuai dengan 3 Rangka Tahapan perkembangan sebagai berikut:

  • Kami sangat memahami bahwa anak-anak usia saat ini adalah berada pada fase somatik pertumbuhan, di mana memperoleh penguasaan atas tubuh fisik sangatlah penting. Akibatnya program kami berorientasi pada kompetensi motorik halus dan kasar yang Kami tangani dengan serius dan memantau perkembangan fisik siswa secara individual.

 

  • Kami mengenali bahwa struktur individu dalam berinteraksi dengan ‘isi’ dunia (lingkungan) terdapat dalam empat modalitas utama dan melihatnya sebagai ekspresi penting untuk segi kemanusiaan. Kami sebut ini sebagai ‘Big Four’. Secara Klasik, interaksi ‘Big Four’ adalah Interaksi Secara FISIK, EMOSIONAL, INTELEKTUAL, dan SPIRITUAL. (sebagai contoh tentang “pohon“, siswa akan bereaksi artistik dengan menyanyikan sebuah lagu, secara intelektual dengan membahas penyerbukan, secara fisik dengan menanam pohon, dan spiritual dengan melihat ke dalam untuk menemukan apakah pohon berarti bagi mereka.) The “Big Four” mendukung proses belajar setiap hari di semua sektor sekolah secara struktural.

 

  • Kami menerima bahwa belajar akademik, dalam keterampilan dasar membaca dan menghitung, lanjutkan pada tingkat yang berbeda dan cara yang berbeda untuk pelajar individu. Aspek-aspek EYP yang ditawarkan sebagai program pembelajaran individual.

 

  • Siswa dari segala usia mengambil minat yang marak di ‘kejadian-kejadian’ dari dunia orang dewasa; selama ‘tahun-tahun awal’ hal yang terjadi di dunia orang dewasa sering menjadi subyek bermain imitatif. Pelajaran praktis yang ditawarkan Link ke dorongan ini dengan membawa ke dalam praktisi dewasa kelas terlibat penuh waktu di bidang-bidang seperti seni visual sesering mungkin.

 

  • Dasar-dasar membaca dan menghitung diperkenalkan selama ‘ramah anak’ pelajaran tematik disajikan di pagi hari. Fundamental ini kemudian dipraktekkan selama kemahiran selama instruksional gaya pelajaran melalui tengah hari.

 

Mengenai instruksi keaksaraan, kami membangun landasan yang kokoh dari kosakata melalui kegiatan pemahaman lisan, pengucapan-kembali (re-telling) dan mengekspresikan. Dengan menggunakan metode ini kita membiarkan urutan tinggi bahasa lisan (kosakata) yang akan cocok dengan keterampilan kata mendasar (phonics) dari mana anak-anak dapat melangkah dengan mudah ke dalam dunia baca/buku. Membaca menjadi pengalaman “bergerak” dari diri melalui kosa kata yang luas.

 

Kami mempelajari bahwa membaca adalah lebih dari sekedar buku-buku cetak. Manusia tenggelam dalam kegiatan “membaca” setiap hari: kita membaca cuaca, kita membaca wajah, kita membaca emosi. Puisi, menyanyi, bercerita, percakapan, ekspresif re-telling dan bermain imajinatif adalah pilar program kami.  Alphabet, kata dan kalimat pendek yang diperkenalkan bersamaan dengan tulisan yang terinspirasi dari aktifitas bercerita. Maksudnya di sini adalah bahwa bahasa tertulis muncul dari gambar-gambar yang mewakili cerita yang berbobot.

Dalam menyelesaikan program ini beberapa siswa akan membaca, sebagian akan memiliki dasar-dasar yang diperlukan untuk mulai membaca dan sebagian lainnya masih akan dalam tahap konsolidasi. Kami menawarkan individu banyak kesempatan untuk memperoleh keterampilan keaksaraan di tingkat mereka sendiri dan memantau kemajuan belajar setiap anak untuk memastikan bahwa semua menerima perhatian yang mereka butuhkan.

 

Salam Cerdas Dunia Pendidikan

Children Education Department

Larasluhur Indonesia