5 CARA MENDAFTARKAN WEBSITE ANDA KE GOOGLE SEARCH CONSOLE [NEW]

Google Search Console adalah layanan Google baru yang akan menggantikan Google Webmaster Tools (GWT), dan memang saat ini Google Search Console belum sepenuhnya menggantikan Google Webmaster Tools, Anda masih bisa melihat versi GWT dan juga ada rekomendasi untuk melihat GSC sebagai pengganti.

Dan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mempelajari tentang Google Search Console agar terbiasa jika nanti ini sudah dijadikan versi penuh dan Google benar-benar menghilangkan Google Webmaster Tools.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu Google Search Console dan bagaimana itu dapat bermanfaat bagi situs WordPress Anda (bahkan untuk semua jenis website). Kemudian, saya akan menunjukkan beberapa metode berbeda untuk cara mendaftarkan atau menambahkan situs WordPress Anda ke Google Search Console yang baru.

Baca : Meningkatkan SEO dengan Bing Webmaster Tools

APA ITU GOOGLE SEARCH CONSOLE?

Saya akan menjelaskan secara singkat karena Anda mungkin hanya ingin langsung membaca pada bagian verifikasi situs web ke Google Search Console.

Tetapi saya sangat menyarankan kepada Anda sebaiknya terlebih dahulu membaca dengan baik agar benar-benar paham tentang apa yang akan Anda tambahkan ke situs web Anda dengan Google Search Console.

  • Google Search Console adalah layanan resmi dari Google yang membantu dengan SEO.
  • Google Search Console sebagai tempat untuk menambahkan sitemap dari situs web Anda dan mengontrol pengaturan SEO penting lainnya, seperti seberapa cepat Google merayapi atau menelusuri situs web Anda.
  • Google Search Console berperan penting untuk memasukkan situs WordPress dan semua URL Anda untuk dimasukkan dalam daftar mesin pencari Google.
  • Google Search Console juga memungkinkan Anda melihat analytics yang bermanfaat, seperti kata kunci mana yang bekerja untuk website Anda dan berapa banyak klik, berapa pengunjung atau tayangan halaman yang didapat oleh situs web Anda.

5 CARA VERIFIKASI GOOGLE SITE UNTUK SITUS WORDPRESS

Berikut adalah metode atau cara yang akan saya bahas dalam posting ini. Anda akan belajar cara menyelesaikan proses verifikasi Google site menggunakan:

  • Plugin SEO WordPress favorit Anda. Meskipun sebagian besar plugin SEO dapat membantu Anda menyelesaikan langkah verifikasi situs Google, saya secara khusus akan membahas cara melakukannya menggunakan plugin SEO Yoast dan All in One SEO Pack karena kedua plugin SEO ini merupakan plugin SEO paling populer yang digunakan oleh pengguna WordPress diseluruh dunia.
  • Google Analytics atau Google Tag Manager. Jika Anda sudah menggunakan Google Analytics untuk analisis pengunjung atau Google Tag Manager, Anda dapat terhubung ke salah satu layanan ini tanpa harus menambahkan sesuatu yang baru ke situs Anda.
  • Memasang kode Verifikasi Google di bagian tag <head> Anda. Jika Anda sudah menggunakan plugin seperti “Insert Header or Footer”, atau jika tema Anda memiliki fitur untuk memungkinkan Anda menambahkan kode langsung ke bagian <head>, Maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut tanpa perlu menginstall plugin “Insert Headers or Footer”.
  • Melalui DNS Record domain Anda. Ini mungkin sedikit rumit untuk pemula, tetapi itu bagus karena tidak melibatkan penambahan kode apa pun langsung ke situs web Anda (jadi jika Anda seorang yang sangat memprioritaskan optimasi kinerja web, Anda harus menggunakan cara ini).
  • Upload File. Ini bukan metode yang saya sukai karena ini cara yang paling menghabiskan waktu dan mengharuskan Anda meninggalkan file di server Anda. Tetapi ini juga merupakan salah satu metode yang direkomendasikan oleh Google, jadi saya akan tetap membahasnya.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENAMBAHKAN SITUS ANDA KE GOOGLE SEARCH CONSOLE

Untuk memulai, buka Google Search Console, lalu klik tombol “Start Now”.

Panduan Google Search Console

Anda kemudian akan diminta untuk menambahkan situs Anda dengan memasukkan URL-nya.

Panduan Google Search Console 1

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan melihat daftar opsi untuk Verifikasi kepemilikan (Owner Verifications) situs (tampilan bisa saja mungkin terlihat sedikit berbeda, tetapi inti utamanya sama).

Panduan Google Search Console 2

Artikel ini adalah tentang cara menggunakan metode dalam daftar ini.

5 CARA MUDAH UNTUK GOOGLE SITE VERIFICATIONS

Anda hanya perlu memilih salah satu metode ini. Pilih mana yang paling mudah bagi Anda – dan Anda tidak perlu menggunakan semua. Cukup pilih salah satu saja!

METODE 1 : PLUGIN SEO WORDPRESS

Jika Anda sudah menggunakan plugin SEO WordPress, maka plugin tersebut tentu menawarkan kepada Anda cara mudah untuk menyelesaikan proses verifikasi Google Site.

Untuk memulai, silahkan buka piliha HTML tag dan salin kode didalamnya.

Panduan Google Search Console 3

Kemudian, Anda harus menambahkan kode ini ke plugin SEO Anda.

SEO Yoast : Jika Anda menggunakan Yoast SEO, Anda dapat melakukannya dengan pergi ke SEO » General » Webmaster Tools di dashboard WordPress Anda. Tempelkan tag HTML lengkap ke dalam kotak kode verifikasi Google.

Panduan Google Search Console 4

Klik tombol “Save Changes” dan selesai! Ketika Anda menyimpan pengaturan tersebut, kode yang Anda masukkan tadi hanya tinggal kode angka unik yang berada diantara tanda petik dua (“) dan itu tidak masalah karena memang hanya itu yang dibutuhkan.

Panduan Google Search Console 4.1

All In One SEO : Jika Anda menggunakan plugin SEO All in One SEO Pack, Anda dapat melakukannya dengan menggulir ke area Webmaster Verification di General Settings.

Panduan Google Search Console 5

Kali ini, Anda hanya perlu menempelkan bagian dari tag HTML ke dalam kotak Alat Webmaster Google. Khususnya, Anda perlu bagian di antara tanda petik dua tepatnya di content=”COPY_THIS”:

Panduan Google Search Console 5-1

Kemudian, tambahkan hanya bagian itu ke kolom “Google Webmaster Tools” di All in One SEO Pack Anda:

Klik tombol “Save Changes” dan selesai!

Setelah Anda menyimpan perubahan dalam plugin SEO Anda, silahkan kembali lagi ke Google Search Console dan klik tombol “Verify” untuk menyelesaikan proses verifikasi.

METODE 2 : GOOGLE ANALYTICS ATAU GOOGLE TAG MANAGER

Jika Anda sudah menggunakan Google Analytics atau Google Tag Manager di situs Anda, Anda dapat menggunakan layanan yang ada untuk memverifikasi situs Anda dengan Google Search Console karena ketiganya adalah Layanan resmi Google.

Kami memiliki panduan untuk menambahkan Google Analytics dan menambahkan Google Tag Manager jika Anda ingin menggunakannya. Saya tidak akan menambahkan layanan ini hanya untuk memverifikasi situs Anda dengan Google Search Console.

Panduan Google Search Console 6

Setelah berhasil menambahkan Google Analytics atau Google Tag Manager, Anda hanya perlu memilih opsi Google Analytics atau Google Tag Manager ketika Anda mencoba untuk menambahkan situs Anda ke Google Search Console. Kemudian, hanya tinggal klik “Verify”.

Dan verifikai Google Site Anda sudah selesai.

METODE 3 : KODE SNIPPET DALAM HEADER SITUS

Ini pada dasarnya melakukan apa yang dilakukan plugin SEO untuk Anda, tetapi ini dilakukan secara manual, Caranya Anda dapat menambahkan tag HTML yang sama ke bagiandari situs WordPress Anda dengan menggunakan:

Cara termudahnya adalah menggunakan plugin Insert Headers and Footers gratis dan letakkan pada kolom Header.

Panduan Google Search Console 7

Setelah menambahkan cuplikan kode, tekan tombol “Verify” di Google Search Console untuk menyelesaikan proses verifikasi Google Site.

METODE 4 : DNS RECORD

Ini adalah metode yang paling rumit, tetapi dengan cara ini Anda tidak perlu menambahkan apapun baik itu file atau kode ke situs WordPress Anda.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan CDN Cloudflare untuk situs WordPress Anda, Anda harus menambahkan catatan DNS melalui antarmuka Cloudflare.

Lihat dokumentasi dukungan hosting Anda jika Anda tidak yakin di mana mengedit data DNS. Google juga akan memberi Anda alat untuk mencoba dan membantu Anda dengan instruksi.

Setelah Anda dapat mengedit data DNS, salin kode dari Google Search Console, Anda bisa memilih provider mana Anda membeli domain, Karena disini saya menggunakan layanan hosting terbaik Bluehost, maka saya pilih Bluehost  dan klik link teks “Add a TXT recored” dan jika provider Anda tidak ada dalam daftar, silahkan pilih “Other” pada menu drop down.

Panduan Google Search Console 9

Untuk melakukannya, Anda harus dapat mengedit data DNS domain Anda. Biasanya, Anda akan melakukannya melalui cPanel hosting Anda. Misalnya, di akun Bluehost, saya dapat mengedit catatan DNS Record melalui cPanel.

Panduan Google Search Console 8

Kemudian, buat data TXT baru dan tempel nilai tersebut sebagai Type TXT. Bergantung pada di mana Anda menambahkan catatan Anda, Anda juga mungkin perlu menentukan TTL – Anda bisa menggunakan 1800 sebagai nilainya.

Panduan Google Search Console 11

Setelah perubahan DNS disebarkan (yang mungkin memerlukan sedikit waktu), Anda akan dapat menyelesaikan proses verifikasi dengan mengeklik tombol “Verify” di Google Search Console.

METODE 5 : UPLOAD FILE KE SERVER

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan metode lain yang direkomendasikan Google, yaitu mengunggah file ke server hosting Anda.

Anda dapat mendownload file dari pilihan “HTML file” di Google Search Console:

Panduan Google Search Console 2

Kemudian, Anda dapat mengupload file tersebut ke server hosting Anda menggunakan FTP client Filezilla atau melalui cPanel File Manager.

Pastikan untuk mengunggahnya ke folder root dari situs Anda. Itu biasanya folder yang sama yang berisi file wp-config.php Anda dan subfolder wp-admin atau yang umum dalam folder public_html .

Berikut tampilannya di cPanel File Manager

Panduan Google Search Console 12

Setelah Anda mengunggah file, kembali ke Google Search Console dan klik tombol “Verify”.

Terakhir, penting untuk diperhatikan bahwa untuk semua metode ini Anda harus meninggalkan cuplikan kode atau file di situs Anda. Artinya, Anda dilarang menghapus cuplikan kode atau file setelah memverifikasi situs web Anda dengan Google Console, jika Anda menghapusnya maka akan kembali menjadi belum terverifikasi.

Baca : Tips Trik Meningkatkan SEO Website WordPress

Dan itulah panduan lengkap cara mendaftarkan atau menambahkan website WordPress Anda ke Google Search Console. Pastikan Anda memilih metode yang paling mudah dan cukup satu verifikasi saja. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda dan situs web Anda sekarang sudah terverfikasi oleh Google dan mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian Google. Selamat mencoba. 🙂

Baca : Cara Cepat Artikel di Indeks Oleh Mesin Pencari Google

Berbagi Artikel Agar Banyak Yang Pandai klik icon dibawah