web analytics

10 Manfaat Utama Minyak Kelapa (Coconut Oil)

1089259588

Minyak kelapa banyak dipasarkan sebagai makanan super.

Kombinasi unik asam lemak dalam minyak kelapa mungkin memiliki efek positif pada kesehatan Anda, seperti meningkatkan kehilangan lemak, kesehatan jantung, dan fungsi otak.

Berikut adalah 10 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan.

1. Mengandung asam lemak sehat

Minyak kelapa tinggi lemak jenuh tertentu. Lemak ini memiliki efek yang berbeda dalam tubuh dibandingkan dengan kebanyakan lemak makanan lainnya.

Asam lemak dalam minyak kelapa dapat mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak, dan mereka memberikan energi cepat ke tubuh dan otak Anda. Mereka juga meningkatkan kolesterol HDL (baik) dalam darah Anda, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung (1).

Sebagian besar lemak makanan dikategorikan sebagai trigliserida rantai panjang (LCT), sedangkan minyak kelapa mengandung beberapa trigliserida rantai menengah medium-chain triglycerides (MCT), yang merupakan rantai asam lemak lebih pendek (2Trusted Source).

Ketika Anda makan MCT, mereka cenderung langsung menuju hati Anda. Tubuh Anda menggunakannya sebagai sumber energi cepat atau mengubahnya menjadi keton.

Keton dapat memiliki manfaat kuat bagi otak Anda, dan para peneliti mempelajari keton sebagai pengobatan untuk epilepsi, penyakit Alzheimer, dan kondisi lainnya.

RINGKASAN
Minyak kelapa mengandung banyak MCT, sejenis lemak yang dimetabolisme oleh tubuh Anda secara berbeda dari kebanyakan lemak lainnya. MCT bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan dari minyak kelapa.

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Kelapa adalah makanan yang tidak biasa di dunia Barat, dengan orang-orang yang sadar kesehatan menjadi konsumen utama.

Namun, di beberapa bagian dunia, kelapa – yang sarat dengan minyak kelapa – adalah makanan pokok yang berkembang pesat selama beberapa generasi.

Sebagai contoh, sebuah penelitian tahun 1981 mencatat bahwa populasi Tokelau, sebuah rantai pulau di Pasifik Selatan, memperoleh lebih dari 60% kalori mereka dari kelapa. Para peneliti melaporkan tidak hanya kesehatan keseluruhan yang baik tetapi juga tingkat penyakit jantung yang sangat rendah (3).

Orang-orang Kitavan di Papua Nugini juga makan banyak buah kelapa, bersama umbi-umbian, buah-buahan, dan ikan, dan memiliki sedikit stroke atau penyakit jantung (4).

RINGKASAN
Beberapa populasi di seluruh dunia telah berkembang selama beberapa generasi makan kelapa dalam jumlah besar, dan penelitian menunjukkan mereka memiliki kesehatan jantung yang baik.

3. Dapat mendorong pembakaran lemak

Obesitas adalah salah satu kondisi kesehatan terbesar yang mempengaruhi dunia Barat saat ini.

Sementara beberapa orang berpikir obesitas hanya soal berapa banyak kalori yang dimakan seseorang, sumber kalori itu juga penting. Makanan yang berbeda memengaruhi tubuh dan hormon Anda dengan cara yang berbeda.

MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh Anda dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang (5Trusted Source).

Satu studi menemukan bahwa makan 15-30 gram MCT per hari meningkatkan pengeluaran energi 24 jam sebesar 5% (6Trusted Source).

Namun, studi ini tidak secara khusus melihat efek dari minyak kelapa. Mereka memeriksa efek kesehatan dari MCT, tidak termasuk asam laurat, yang hanya membentuk sekitar 14% dari minyak kelapa (7 Sumber terpercaya).

Saat ini tidak ada bukti yang baik untuk mengatakan bahwa mengonsumsi minyak kelapa itu sendiri akan meningkatkan jumlah kalori yang Anda keluarkan.

Perlu diingat bahwa minyak kelapa sangat tinggi kalori dan dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan jika dimakan dalam jumlah besar.

RINGKASAN
Penelitian mencatat bahwa MCT dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar lebih dari 24 jam sebanyak 5%. Namun, minyak kelapa itu sendiri mungkin tidak memiliki efek yang sama.

4. Dapat memiliki efek antimikroba

Asam laurat membentuk sekitar 50% asam lemak dalam minyak kelapa (7Trusted Source).

Ketika tubuh Anda mencerna asam laurat, ia membentuk zat yang disebut monolaurin. Baik asam laurat dan monolaurin dapat membunuh patogen berbahaya, seperti bakteri, virus, dan jamur (8Trusted Source).

Sebagai contoh, studi tabung menunjukkan bahwa zat ini membantu membunuh bakteri Staphylococcus aureus, yang menyebabkan infeksi Staph, dan ragi Candida albicans, sumber infeksi ragi pada manusia (9Trusted Source, 10Trusted Source).

Ada juga beberapa bukti bahwa menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur – suatu proses yang disebut penarikan minyak – bermanfaat bagi kebersihan mulut, meskipun para peneliti menganggap bukti tersebut lemah (Sumber 11Trusted).

Tidak ada bukti bahwa minyak kelapa mengurangi risiko flu biasa atau infeksi internal lainnya.

SUMMARY
Using coconut oil as a mouthwash may prevent mouth infections, but more evidence is needed.

5. Dapat mengurangi kelaparan

Salah satu fitur menarik dari MCT adalah mereka dapat mengurangi kelaparan.

Ini mungkin terkait dengan cara tubuh Anda memetabolisme lemak, karena keton dapat mengurangi nafsu makan seseorang (12Trusted Source).

Dalam satu studi, 6 pria sehat makan berbagai jumlah MCT dan LCT. Mereka yang makan paling banyak MCT makan lebih sedikit kalori per hari (13Trusted Source).

Studi lain pada 14 pria sehat melaporkan bahwa mereka yang makan paling banyak MCT saat sarapan makan lebih sedikit kalori saat makan siang (14Trusted Source).

Studi-studi ini kecil dan memiliki skala waktu yang sangat singkat. Jika efek ini bertahan dalam jangka panjang, itu dapat menyebabkan penurunan berat badan selama beberapa tahun.

Meskipun minyak kelapa adalah salah satu sumber alami terkaya MCT, tidak ada bukti bahwa asupan minyak kelapa mengurangi nafsu makan lebih banyak daripada minyak lainnya.

Bahkan, satu penelitian melaporkan bahwa minyak kelapa kurang mengisi daripada minyak MCT (15Trusted Source).

RINGKASAN
MCT dapat secara signifikan mengurangi nafsu makan, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan dalam jangka panjang.

6. Dapat mengurangi kejang

Para peneliti saat ini sedang mempelajari diet ketogenik, yang sangat rendah karbohidrat dan tinggi lemaknya, untuk mengobati berbagai gangguan.

Penggunaan terapeutik yang paling dikenal dari diet ini adalah mengobati epilepsi yang resistan terhadap obat pada anak-anak (16).

Diet secara dramatis mengurangi tingkat kejang pada anak-anak dengan epilepsi, bahkan mereka yang belum pernah sukses dengan berbagai jenis obat. Para peneliti tidak yakin mengapa.

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak menyebabkan peningkatan konsentrasi keton dalam darah.

Karena MCT dalam minyak kelapa akan diangkut ke hati Anda dan berubah menjadi keton, para profesional kesehatan dapat menggunakan diet keto yang dimodifikasi yang mencakup MCT dan tunjangan karbohidrat yang lebih murah untuk menginduksi ketosis dan membantu mengobati epilepsi (17Trusted Source, 18Trusted Source).

RINGKASAN
MCT dalam minyak kelapa dapat meningkatkan konsentrasi darah tubuh keton, yang dapat membantu mengurangi kejang pada anak-anak dengan epilepsi.

7. Dapat meningkatkan HDL (Kolesterol Baik)

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh alami yang meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh Anda. Mereka juga dapat membantu mengubah kolesterol LDL (buruk) menjadi bentuk yang kurang berbahaya.

Dengan meningkatkan HDL, banyak ahli percaya bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan dengan banyak lemak lainnya.

Dalam sebuah penelitian di 40 wanita, minyak kelapa mengurangi kolesterol total dan LDL (buruk) sambil meningkatkan HDL, dibandingkan dengan minyak kedelai (19 Sumber terpercaya).

Studi lain pada 116 orang dewasa menunjukkan bahwa mengikuti program diet yang meliputi minyak kelapa meningkatkan kadar HDL (baik) kolesterol pada orang dengan penyakit arteri koroner (20).

RINGKASAN
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah, yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan metabolisme dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

8. Dapat melindungi kulit, rambut, dan gigi Anda

Minyak kelapa memiliki banyak kegunaan yang tidak ada hubungannya dengan memakannya.

Banyak orang menggunakannya untuk keperluan kosmetik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dan rambut mereka.

Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air kulit kering dan mengurangi gejala eksim (21Trusted Source, 22).

Minyak kelapa juga dapat melindungi dari kerusakan rambut. Satu studi menunjukkan bahwa itu dapat berfungsi sebagai tabir surya yang lemah, menghalangi sekitar 20% dari sinar ultraviolet (UV) matahari (Sumber 23Trusted, Sumber 24Trusted).

Penarikan minyak, yang melibatkan mengoleskan minyak kelapa ke dalam mulut Anda seperti obat kumur, dapat membunuh beberapa bakteri berbahaya di dalam mulut. Ini dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mengurangi bau mulut, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian (25Trusted Source, 26Trusted Source).

RINGKASAN
Orang-orang dapat mengoleskan minyak kelapa ke kulit, rambut, dan gigi mereka. Studi menunjukkan itu bekerja sebagai pelembab kulit, melindungi terhadap kerusakan kulit, dan meningkatkan kesehatan mulut.

9. Dapat meningkatkan fungsi otak pada penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Ini biasanya mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua (27).

Kondisi ini mengurangi kemampuan otak Anda untuk menggunakan glukosa untuk energi.

Para peneliti telah menyarankan bahwa keton dapat memberikan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang tidak berfungsi ini untuk mengurangi gejala penyakit Alzheimer (28).

Para penulis penelitian 2006 melaporkan bahwa MCT meningkatkan fungsi otak pada orang dengan penyakit Alzheimer yang lebih ringan (29Trusted Source).

Namun, penelitian masih awal, dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa minyak kelapa sendiri memerangi penyakit ini.

RINGKASAN
Studi awal menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan kadar keton dalam darah, berpotensi menghilangkan gejala Alzheimer. Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan.

10. Dapat membantu mengurangi lemak perut yang berbahaya

Karena beberapa asam lemak dalam minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak, ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Lemak perut, atau lemak visceral, bersarang di rongga perut dan di sekitar organ Anda. MCT tampaknya sangat efektif dalam mengurangi lemak perut dibandingkan dengan LCT (5Trusted Source).

Lemak perut, jenis yang paling berbahaya, terkait dengan banyak penyakit kronis.

Lingkar pinggang adalah penanda yang mudah dan akurat untuk jumlah lemak di rongga perut.

Dalam sebuah studi 12 minggu pada 40 wanita dengan obesitas perut, mereka yang mengambil 2 sendok makan (30 mL) minyak kelapa per hari mengalami pengurangan yang signifikan dalam Indeks Massa Tubuh (BMI) dan lingkar pinggang (Sumber 19Trusted).

Sementara itu, studi 4 minggu pada 20 pria dengan obesitas mencatat pengurangan lingkar pinggang 1,1 inci (2,86 cm) setelah mereka mengambil 2 sendok makan (30 mL) minyak kelapa per hari (30Trusted Source).

Minyak kelapa masih tinggi kalori, jadi Anda harus menggunakannya hemat. Mengganti beberapa lemak masak Anda yang lain dengan minyak kelapa bisa memiliki sedikit manfaat penurunan berat badan, tetapi buktinya tidak konsisten secara keseluruhan (Sumber 31Trusted).

Bottom Line
Minyak yang berasal dari kelapa memiliki sejumlah manfaat yang muncul untuk kesehatan Anda. Untuk mendapatkan yang terbaik dari itu, pastikan untuk memilih minyak kelapa murni organik daripada versi minyak kelapa hasil proses pemurnian (refinery) .

Sumber: https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil
Share ke teman-temanmu ya...